Sabtu, 17 September 2016

Where Should I Go?


Terlalu lama bahkan kelewat keterlaluan untuk sebuah hiatus. Antara lupa cara memulai atau memilih melupakan blog ini.

Berbulan sampe berganti tahun tulisan disini gk diupdate dari masih jadi anak koas sampe udah bergelar Dokter (Dokter belum bersurat izin praktek).
Alhamdulillah

Banyak cerita yang rencana, yaaa masih rencana bahkan masih seputaran di kepala yang mau ditulis. Gk mau PHP kayak kemarin-kemarin bilang bakal update bakal update yang taunya tahun ganti dulu baru update dan gk dipenuhi pula tuh janjinya. Hha.

Jadi kenapa ai tiba-tiba buka blog lagi dan mulai nulis? padahal di awal tadi lu bilang udah males nulis lah udah mau say goodbye bahkan.

Mmm, apa semua pertanyaan harus ada jawaban. Tsaahhhh.
Gini-gini pernah gk sih kalian tuh mau cerita mau nulis cerita ataupun ide di kepala kalian? Kalo lagi hot hot nya pengen di share aja kan bawaannya. Nahh gue lagi ngerasain itu. Kalo gue share di Line dikira curhat, di instagram sok sok pasang foto yang gk berhubungan ama captionnya dibilang norak, bikin cerita panjang di path dikira gue alay nanti, jadilah gue buka si blog 'Reminder' ini.

Jadi ini yang mau gue ceritain...

Berawal dari ke-random-an kemarin malam. Mungkin hari yang semakin dekat ke masa-masa internship namun gue gk kunjung mendapatkan ketetapan mau dimana atau apa yang mau gue cari dari internship ini, jadi bikin gue speak up dan mulai mencoba berpikir serius tentang itu.

Ohh iya, internship ini adalah tahapan selanjutnya buat para lulusan dokter yang baru lulus kek gue buat dapetin izin praktek, yaa sederhananya gitulah. Internship ini bakal dijalanin 1 tahun dan ditempatkan di wahana wahana yang udah disediakan. Nantilah yaa penjelasan lebih jelas tentang internship.

Jadi milih internship ini menggalaukan buat gue. Buat orang lain juga sih gue rasa. Cuman masalahnya gue belum bisa menetapkan mau gue kemana, apakah balik ke tempat yang sedekat mungkin ama rumah di Jakarta atau di sekitaran Medan atau mencoba pulau lain.

Dulu jaman koas kalo ditanya pasti jawabnya sedekat mungkin ama Jakarta pengen dekat sama orang tua. Pengen menikmati waktu-waktu bersama orang tua gue. Itu tertanam di pikiran gue. Sebisa mungkin mau dekat biar bisa jaga dan nemenin Papa sama Mama. Anak Papa Mama yang masih stay di rumah masih ada sih Abang gue yang ketiga, tapi ya pada akhirnya dia bakal pindah juga kan. Makanya gue pengen sebisa mungkin dapet tempat internship yang dekat ke rumah yang bisa Pulang Pergi tiap hari ataupun seminggu sekali balik lah kalo gk.

Terus gue cerita-cerita ama temen gue, Kak Ivo. Doi dapet di daerah padang. Tempat dia agak pedalaman jadi dia bilang happy banget bisa merasakan suasana desa adem sejuk dan kata kata lainnya yang bikin gue mupeng hha. Dan dia bilang " Kakak juga mikirin orang tua kakak yang makin tua. Tapi kakak mikir kapan lagi bisa merantau menjelajahi daerah-daerah yang belum pernah kita datangi sebelum menikah. Kalo udah menikah manada cerita. Lagian ini cuman setahun kok"
Agak-agak terciprat bensin nih semangat menjelajah yang sempat dikubur. Jadi pengen ke Sulawesi, Sumbawa, Lombok, pokoknya daerah timur karena terhasut cerita senior senior tentang wisatanya. Atau malah jadi pengen ke daerah-daerah jawa yaa keknya dekat kan ke jakarta tapi suasana beda.
Ditambah pas cerita sama Mama dan jawabannya "iyaa gpp kalo gk dapet dekat rumah, Ai di Medan atau di sumatera atau di jawa, cuman setahun kok. Ai kan udah lewatin 6 tahun. Sikit lagi sampe ai balik ke jakarta. Tapi janganlah jauh jauh kali, cari yang gampang akses dan ada saudara".

Memang bukan kalimat persetujuan langsung 'pergilah kemanapun' dan jauh dilubuk hati terdalam pasti maunya dekat ya kan tapi gue jadi semakin terbuka berpikir pilihan-pilihan lainnya.

Di Medan sendiri ada pertimbangan khusus. Alhamdulillah disini ada rejeki ngajar. Makanya beberapa bulan setelah kelulusan gue masih wara wiri Medan-Jakarta dan secara gue udah 6 tahun di Medan pasti udah nyaman lah. Temen-temen sejawat, TBM kesayangan, disini juga sodara gue rame jadi wajar juga nyokap prefer gue di Medan daripada di tempat lain yang gk ada kenalan atau sodara.

Tapi hati masih meragu
Masih ingin menjelajah
Masih pengen nyoba hal hal baru
Nyoba lingkungan baru
Beranjak dari comfort zone
Menambah kenalan dan teman teman baru

Kalo gue cerita sama senior senior pasti dibilang, "Tetapkan dulu ai prioritas yang kau cari buat internship apa? Wisata? Pengalaman? Belajar? Duit? Santai? Dekat rumah? Yaa pikirkanlah"

Kayaknya gampang kan menetapkan itu, tapi buat gue memilih gitu mengurutkan prioritas itu SUSAH & GALAU. Kalo yang udah kenal gue tau banget jangan pernah suruh si ai milih. Pada akhirnya MPE gue akan berusaha menggabaikannya dan memilih pura pura tidak memikirkannya. Well...

Sampai kemaren malam gue tiba-tiba membahas sama temen gue secara random. Gue yang mulai cerita kegalauan gue dan sebenarnya gk berharap jawaban. Tapi malam itu gue mulai menemukan pilihan prioritas apa yang gue cari di internship ini.

Ada perkataan temen gue yang nyangkut di otak.
"Permintaan Mama mu kan udah jelas, itu mau Mama mu loh dan gk ada ruginya kau ikutin. Kalo gk dapat ya berarti bukan jalanmu kalo dapat yaa nikmatin aja. Apapun yang kau dapat nanti nikmatin aja"

Pas dirumah gk sengaja nemu foto quote .

"Beautiful things happen when yo do something you Love"

Gue kirim quote itu sama temen gue tadi tanpa kata-kata tambahan atau penjelasan lainnya. Gak berapa lama dia balik kirim foto isinya Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 216.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi (pula) kamu  menyukai sesuatu padahal ia amat buruk buatmu"
(Q.S. Al-Baqarah:216)

Yang intinya
"Sesuatu yang kau anggap baik belum tentu baik disisi Allah"

Belum sempat gue bales dia langsung bilang, " SKAK MAT! karena aku tau tujuan dan maksudmu kirim gambar quote  itu makanya aku kirim gambar yang ini. Apa yang kau terima nanti ya nikmati aja. Apa yang diminta orang tua mu ya coba aja mungkin memang itu jalannnya"

Hanya Allah yang tau kemana kaki gue bakal melangkah nantinya. Ilmu Allah tiada batasan, ilmu manusia yang pendek, Allah jauhhh melihat kedepan sementara manusia hanya melihat yang di depan mata.

Kisah ini belum menemui ending ceritanya memang. Ending kemana akhirnya gue internship tapi sedikit banyak gue mulai bisa melihat lebih terbuka, terbuka bukan pada keinginan diri gue semata serta meneguhkan hati dan mempercayai bahwa Rencana Allah yang paling indah.
InsyaAllah

0 komentar:

Posting Komentar

Kring Kring Olala

Live Traffic Feed

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN VJ) 2009 dan sekarang menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) 2010. seorang pemimpi yang sedang berusaha mewujudkan semua impiannya.

My Followers