Minggu, 07 Maret 2010

pengalaman dari SOCA


Hari ini temen-temen gue ada yang remedial SOCA(SOCA itu ujian lisan, jadi lu dapat kasus terus lu disuruh menganalisa kasusnya dan presentasiin di depan Dokter pakarnya) bukan hal yang gampang loh. Secara kasusnya itu ada 9 dan lu kan gk tau nantinya dapat yang mana.

Gua jadi inget pas SOCA kemaren pas malam sebelum soca, gue nangis, pokoknya dikit-dikit nangis. Karena gue ngerasa takut nantinya lupa atau gk dapat kasus yang gue bisa, penguji yang galak ya, terus kalo gk lulus nanti ngecewain orang tua dan mesti remedial mesti belajar 2x lagi, pokoknya semua hal yang di kuatirin. Apalagi gue ngelepas 1 kasus, farmakologi. Gue ngelepas farmakologi karena gue bener2 udah mumet dan gue baru baca farmakologi tuh H-1 SOCA. Mana farmako banyak banget bahannya. Pas kemaren itu kasusnya ada bakteriologi, virologi, parasitologi, jejas, neoplasma, hematologi, urinalisa, farmasi sama farmakologi. Percaya ma gue semua kasusnya itu gk ada yang gampang dan gk ada yang dikit bahannya. Gue ngelepas farmako bukan berati gue nguasain 100% kasus yang lain. Makanya gue takut banget. Dan pikiran negatif gue langsung mikir ’pasti gue dapet farmako nih besok atau gk dapet jejas atau neoplasma’. Entah kenapa gue selalu mikir pasti Allah ngasih yang gue gk bisa nih. Soalnya biasanya kalo ada kasus yang lu lepas pasti itu kasus yang lu dapet. Udah suuzon ma Allah duluan gue. Astagfirullah.

Malamnya temen gue pas doa bareng dia doa gini, ’ya Allah aku cuman pengen lulus kok, aku tau kemampuan dan persiapan aku, aku juga gk ngebandrol nilai’. Pas dia bilang ngbandrol nilai, gue yang tadinya ya bisa dibilang minta batas minimal nilai langsung malu sendiri. Akhirnya gue pun gk doa dengan nyebut nilai yang gue pengen. Tapi gue cuman minta lulus. Tapi tetep pas itu gue masih ngerasa kayaknya gue dapet farmako atau yang susah2. pikiran negatifnya tetep.

Malamnya gue gk bisa tidur ampe jam setegah empat pagi. Gue baca2 tapi udah gk ada yang bisa dimasukin lagi. Udah overload, pas malamnya gue doa tuh supaya gue dapet bakteri aja karena menurut gue itu yang hampir 90% gue kuasain. Pas paginya sebelum berangkat gue udah tampang madesu aja, dikit-dikit mata berair. Pas mandi nyanyi2 aku bisa nya AFI junior. Sebelum ke ruang isolasi gue dapet sms dari kakak nrp gue, kak pink-pink, dia bilang ’semangat yah de, pasti bisa kok. kamu kan udah siapin dari jauh hari, pokoknya janga sampe ngblank’. Sedikit bersemangat tuh tapi tetep mikir jangan2 dapet farmako nih. Pokonya kalo dapat farmako gue baru nulis flipchart udah nangis aja deh. Bis itu ada sms kak farah, kakak kosan gue, dia bilang ’aii jangan ngdown, kamu udah berusaha udah berdoa, tenang aja ALLAH gk tidur kok dengan semua yang kamu lakuin, dia tau semua nya dan pasti dia ngasih yang terbaik buat kamu’. Disini gue mulai lillahi ta’ala, pasrah ma Allah. Pas di ruang isolasi gue milih buat duduk sendiri biar gk pusing ma orang2 yang lagi ngafalin ini itu.

Nah tapi ada juga yang nanya2 ke gue. Temen gue nanya gimana cara nyambungin urin ke ginjal. Gue jawab tuh pertanyaan dia dan di dalam hati gue ’kayaknya gue gk bakal dapet urin, pasti gue dapet yang gue gk bisa’. Entah kenpaa gue selalu aja mikir negatif.


Sampe udah bener2 deg2an dan takut. Bahkan gue gk nafsu makan dari siang kemaren. Akhirnya Gue ngabatin sendiri, ’Ya Allah engkaulah yang paling tau kasus apa yang hamba bisa dan yang tidak bisa, engkau Maha Tahu segalanya, hamba pasrah nantinya dapat kasus apa, hamba yakin apapun itu pasti yang terbaik buat hamba, semoga itu membawa hamba ke kelulusan’. Dan disaat itu saat gue benar2 pasrah karena gue ngerasa gue udah gk punya daya lagi saat itu bener2 gue udah ikhlas kasus dan hasil apa nantinya yang bakal gue dapat.


Pas masuk ke ruang flipchart dan ngambil amplop, gue sengaja buat ngambil yang terakhir2 karena gue mikir, lebih baik biar Allah yang milihin amplop buat gue. Saat itu muncul lagi pikiran2 negatif dan gue dalam hati bilang, Allah tau mana yang gue bisa mana yang gue gk bisa, dia lebih tau dibanding gue, pasrah pasrah pasrah. Gue ambil tu amplop dan pas gue buka. Ternyata gue dapet kasus URIN. Subhanallah, urin yang gk pernah kepikiran buat gue dan gue gk pernah berharap untuk dapet urin karena gue mikir pasti gue dapet farmako ato jejas ato neoplasma. Pas itu urin gue ngusaain lumayan lah. Walaupun ada yang gue lupa sedikit-dikit. Pas gue presentasi Allhamdulillah lancar, semuanya dilancarkan Allah, pengujinya baik, dan Subhanallah bahkan gue dapet nilai yang diluar dari harapan gue.


Dan bakteri yang gue harap gue dapat itu ternyata kasusnya susah dan banyak yang gk lulus. Emang bener kata senior gue, lu mikir itu kasus yang lu bisa tapi belum tentu kasus itu bikin lo lulus jadi kalo doa minta kasus yang bikin lu lulus.


Dan gue ngambil pelajaran dari 2x gue ngalamin SOCA. pertma jangan suuzon ma ALLAH Lu lakuin semampu lu semaksimal lu bisa trus ikhlasin pasrahkan semua hasilnya ma Allah. Semakin lu pasrah semakin banyak yang gk lu duga. Biasanya mungkin di awal2 lu minta ini itu ma Allah tapi semakin dekat ma hari H dan semakin lu takut semkain tau lu gk berdaya dan deg2an semakin datang kepasrahan dan keikhlasan itu. Kalo kata temen gue ‘ketika lu ikhlasin yang lu mau maka ketika itu yang lu mau dan kemenangan itu bakal datang ke lu’

Semangat yah semuanya!!! Semangat buat ngejar semua impian lo!!! terutama buat temen2 FK gue, SEMANGAT!!! kita mesti ngadepin 12x SOCA lagi. kita pasti bisa!!! ^^

*maap yah kalo gue kayak sok tau cuman pengen share aja

0 komentar:

Posting Komentar

Kring Kring Olala

Live Traffic Feed

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN VJ) 2009 dan sekarang menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) 2010. seorang pemimpi yang sedang berusaha mewujudkan semua impiannya.

My Followers