Sabtu, 16 Oktober 2010

Pelatihan Balut Bidai, TBM FK USU


Thanks god its Saturday…

Itu artinya malam ini gue terbebas dari fisiologi, farmakologi, mikrobiologi, anatomi yang suka menghebohkan dan yang paling sensasional yang juga merupakan stressor utama gue PARASITOLOGI. Okee cukuplahh kita membahas tentang itu semua. Rrr.

Gue mau cerita tentang kegiatan gue abis pulang kuliah tadi. Jadi abis kuliah jam setengah 4. Gue ikutan pelatihan balut bidai yang diadain sama TBM (Tim Bantuan Medis) FK USU. Tadi diajarin cara lipat delapan, balut luka sama bidai buat fraktur. Tadii ada berapa yahh cara balut luka, gue lupa, ahhaha bisan banyak tapi kalo lu suruh gue balut, gue inget kok. Heheh. Kalo buat fraktur tadi diajarin buat bidai fraktur radius ulna, humerus, tibia fibula, costae sama leher.

Seru lohh. Apalagi pas udah sore menjelang magrib. Dibikin simulasi bencana. Dan kelompok gue (kelompok 5) digabung dnega kelompok 1 jadi Tim 1 bantuan bencana. Acaranya pelatihannya diadain di pendopo FK USU, nahh sedangkan bencananya atau simulasi bencananya diadain di lapangan parkir biokimia.
itu lumayan jauhh lohh.

Pas dikumpulin, kita dikasih tau kalo ada korban bencana di lapangan parkir biokim dan kita disuruh datang untuk melakukan pertolongan, ada 4 korban 1 tim menolong 1 korban, alat semua udah di tempat bencana (ternyata bohong -.-).

And then, larilahhh kita semua ke tempat bencana, dgn hebohhh bergerombol-gerombol gedebag gedubug. mana gue paling malas larii.. Udahh nyampe di lapangan parkir, emang udah ada 4 senior yang dijadiin korban. Tapi dodolnya tuh, kita malah bingung mau nolong yang mana yahhh. Ada yang di kolong mobil, ada yang di bawah pohon, ada yang di deket trotoar ada lagi yang di samping mobil. Setelah sempat terdiam bingung mau pilih yang mana. Akhirnya tim gue milih korban di bawah pohon.

Udah kumpul semua dan liat korban, kita malah diem, ngeliatin. Sampai ada yang ngeliat kalo ada kertasnya. Dan di kertas itu tulisannya kurang lebih gini ‘ada seorang laki-laki, dia terjatuh dari pohon yang menyebabkan fraktur radialis sinistra distal, fraktur costae V dan VI dan fraktur tertutup tibia fibula sinistra.'

Itu pun gk ada yang bacain tapi malah rebut rebutan kertasnya. Udah semua baca, pas mau di bidai, ehh kita malah bengong lagi karena gk ada alatnya. Heningg sejenak dan dengan polosnya gue ngomong, ‘yahhh alatnya gk ada, jangan bilang kita mesti lari lagi ke pendopo buat ambil alat. Mannn itu jauh bgt. Kudu lari lagi nih’.

Dan itu semua tim gk ada yang bergerak sampai akhirnya ada 1 senior 2009 dari tim 3 yang lari buat ngambil alat lagi di pendopo. Lalu disusullah dengan kelompok-kelompok lain. Hahah sumpah pada gk inisiatif bgt kan. Termausk gue. Hahaha

Pas alat udah datang mulailah pada ngebidai tapii pada heboh heboh sendiri gitu dan gk terstruktur. Gue aja sempet bingung mau ngapain, masalahnya gue belum baca kasusnya, pas gue baca kasusnya, gue liat di brachii (lengan) sinsitra (kiri) udah ada yang ngerjain. Di kaki kanan juga udah ada yang ngerjain. Nahhh, satu yang belum costae nya kan. Belum ada yang ngerjain Karena gk nemu kayu yang kecil.

Gue mondar mandir gk jelas ehh tiba tiba ada temen gue datang2 teriak ehh weyy akuu dapat kayunya. siplah kalo gitu udha bisa dimulai pertolongan buat costae nya. dua orang lagi yang bareng sama gue, yang nanganin costae juga, lagi berkutat dengan lipat delapan, okee gue tungguin aja mereka selesai lipat depalan. Sedetik dua detik tiga detik lohhh kok gk jadi-jadi lipat delapannya. Ehh tiba-tiba satu cowok nengok ke gue bilang ‘ehh weyy kek mana bikin lipat delapan’.
#GUBRAG.

Langsung gue bikinlah itu lipat delapan dan iket ke kayu. Pas gue mau naruh kayu nya. Kan di costae V dan VI. Nahhh gue pun mempalpasi dia. Gue ngeraba ICS dia satu satu. Pas ngeraba, gue sempet mikir tuh, duhh masa gue main grepe grepe aja gk pake informed consent dulu, tapi dalam hati gue ngomong lagi, ahh elahh kan dia lagi sekarat ceritanya, udah pasrah aja dia, ribet amat gue pake permisi dulu. Hahhaha.

Sempet ada senior yang pura pura jadi keluarga korban, dan dia nangis nangis sambil teriak teriak, dan g k ada satu pun yang nge-openin dia. Ampe akhirnya dia pergi sendiir. Ahahha. Emang deh ahh tim gue gila abis.

Semua farktur udah di tanganin. Udahh siap kan berrati. Nahh temen-temen satu tim gue pun langsung pad adiem dan malah ngerusuh ke kelompok lain. Dan gue kembali dengan polosnya ‘ehh ini korban kita biarin aja, gk panggil ambulan?’ berhubung gk ada yang ngejawab, gue pun pergi ninggalin korban gue dan duduk duduk. Ahahhaha

Semua kelompok udah selesai. Akhirnya kita dikumpulin dan dikasih penilaian.

Dan kelompok gue,
kesalahan pertama, kami gk melakukan komunikasi sama korban, gk nanya bapak itu namanya siapa, gk ngenalin diri dan bilang kalo kami itu darimana mau ngapain. Bahkan kami gk nanya dia ngerasa sakit dimana, main percaya dari kertas aja. gk ada yang memimpin pertolongan, no leader. jadi bikin smeerawut. udah gitu alat ditinggal aja bukan dibawa, masa mau nolongin orang tapi gk bawa alat bahan. udah gitu gk ada yang mau bergerak buat ngambilnya malah bengong bengong dan nyuruh nyuruh.

Kalo Penangangan fraktur di tangan dan kakinya cukup bagus cuman kurangnya gk dikasih bantalan biar gk sakit. Kalo fraktur costae nya udah bagus (tepuk tangan buat gue dan 2 temen gue. hahaha) tapi, kami salah juga karena nyuri kayu dari tim lain. Ahahha jadi ternyata temen gue yang nemu kayu itu, dia bukan nemu tapi ngambil dari tim lain. dan yang kahirnya korban di tim yang itu kebetulan fraktur juga di costae dan gk tertangani ama mereka karen alatnya udah dicuri. Ahhaha. Terus terakhir, kami salah Karena gk minta bantuan ataupun nelepon ambulans. Hhaha

kocak abis lohh. Bener bener deh kalo udah panic, udah bingung mau ngapain.

Tapi satu hal yang gue masih gk enak ampe sekarang, karena udah mempalpasi thorax abang itu dan you knowlahh, menentukan ICS lu kudu meraba-raba apa. Dan gue gk pake informed consent pula. Huhuhuhuhu.

Tapi overall, ini acara seruuu abiss.

0 komentar:

Posting Komentar

Kring Kring Olala

Live Traffic Feed

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN VJ) 2009 dan sekarang menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) 2010. seorang pemimpi yang sedang berusaha mewujudkan semua impiannya.

My Followers